Petunjuk Penggunaan Silsilah Keluarga Planetbiru
Tentang Program Family tree atau silsilah keluarga adalah sebuah fitur dari Planetbiru untuk menampilkan silsilah keluarga. Anggota keluarga yang akan dimasukkan ke dalam silsilah keluarga harus terdaftar di Jejaring Sosial Planetbiru.
Ketentuan Seorang pengguna dilarang mempunyai 2 akun atau lebih.
Seorang pengguna hanya boleh mempunyai 1 ayah dan 1 ibu.
Ayah harus berjenis kelamin laki-laki.
Ibu harus berjenis kelamin perempuan.
Suami harus berjenis kelamin laki-laki.
Istri harus berjenis kelamin perempuan.
Tidak boleh menikah dengan saudara kandung, saudara tiri, ayah kandung, ibu kandung, ayah tiri, ibu tiri, ayah mertua, ibu mertua, menantu, paman, bibi, keponakan, kakek, nenek, dan cucu.
Seorang pengguna boleh poligami.
Seorang pengguna boleh menikah 2 kali atau lebih dengan orang yang berbeda maupun orang yang sama.
Setiap pasangan harus menentukan tanggal pernikahannya.
Pasangan yang bercerai harus menentukan tanggal perceraiannya.
Seorang pengguna yang mengganti jenis kelaminnya secara otomatis akan memutuskan hubungan dengan anak, suami, atau istrinya. Tampilan Program hanya akan menampilkan silsilah berdasarkan hubungan darah dan hubungan perkawinan.
Silsilah ditampilkan sebagai diagram pohon.
Silsilah akan dimulai dari sebuah pasangan laki-laki dan perempuan baik mencantumkan informasi pernikahan maupun tidak.
Jika seorang pengguna hanya menentukan salah satu dari kedua orang tuanya, maka program akan menampilkan profil "Unknown" dari ayah atau ibu yang tidak diketahui.
Jika seseorang mempunyai anak dan beberapa pasangan (istri/suami), maka program akan menampilkan semua pasangan dan semua anak dari pasangan tersebut.
Semua anak dari pengguna akan ditampilkan meskipun ayah atau ibunya tidak diketahui.
Anak angkat tidak dimasukkan ke dalam silsilah.
Pengguna dapat menyambung silsilah dari setiap anak yang telah menikah atau telah mempunyai anak.
Pengguna dapat terus menyambung silsilah ke bawah tanpa dibatasi. Cara Menggunakan
Silsilah Keluarga Pengguna harus masuk terlebih dahulu ke Planetbiru dengan akun pengguna. Jika pengguna belum memiliki akun, silakan mendaftar terlebih dahulu.
Setelah pengguna masuk dengan akun pengguna, program akan menampilkan profil pengguna. Jika pengguna sudah memiliki keluarga, baik istri/suami maupun anak, program akan menampilkan anggota keluarga yang memiliki hubungan darah secara langsung atau memiliki hubungan perkawinan.
Program akan menampilkan silsilah dari pengguna kemudian mendatar untuk menampilkan istri atau suami pengguna serta menurun untuk menampilkan anak pengguna.
Informasi tanggal lahir dan tanggal wafat ditampilkan tepat di bawah nama dari masing-masing profil.
Informasi pernikahan baik tanggal menikah maupun tanggal bercerai ditampilkan di bawah kedua profil yang menikah. Jika pasangan tersebut menikah lebih dari satu kali, informasi tersebut akan ditampilkan secara vertikal ke bawah dan diurutkan dari pernikahan yang lebih lama.
Anak dari pasangan akan ditampilkan di bawah pasangan dan dihubungkan dengan garis.
Profil anak disusun secara mendatar dan diurutkan dari kiri ke kanan menurut tanggal kelahiran. Anak yang lebih tua akan ditampilkan di sebelah kiri.
Anak dari pasangan di luar nikah tetap akan ditampilkan di bawah profil pasangan.
Jika pasangan tersebut menikah setelah anak tersebut lahir, maka informasi pernikahan tetap ditampilkan sesuai dengan tanggal yang dimasukkan.
Untuk menyambung silsilah ke bawah, klik sekali pada profil anak pengguna.
Tanda bulatan di bawah profil menandakan bahwa profil tersebut masih mempunyai hubungan dengan profil lain baik hubungan darah maupun hubungan perkawinan. Apabila profil tersebut diklik, maka program akan meneruskan silsilah dari profil tersebut.
Untuk menyambung silsilah dari semua profil yang diberi tanda bulatan hanya dengan satu kali klik, pilih menu Family Tree » Expand All.
Untuk menampilkan menu, klik kanan pada profil yang ditampilkan pada halaman silsilah.
Pengguna dapat memulai silsilah baru dari salah satu profil yang ditampilkan pada halaman silsilah.
Pengguna dapat memulai silsilah baru dari ayah maupun ibu dari salah satu profil yang ditampilkan pada halaman silsilah.
Memulai silsilah baru baik dari profil yang dipilih, dari ayah, maupun dari ibu, akan memperbaui silsilah dan akan membuang semua profil yang ada paha halaman program.
Setelah silsilah baru ditampilkan, pengguna dapat menyambung silsilah ke bawah dengan mengkilk profil anak dari pasangan tersebut.
Jika profil yang pengguna pilih belum menentukan ayah maupun ibunya, program akan memberikan informasi bahwa ayah/ibu dari profil tersebut tidak diketahui. Context Menu Family Tree Keterangan Menu Build From Person akan menyambung silsilah dari profil yang dipilih. Cara lain adalah dengan mengklik profil yang mempunyai bulatan di bagian bawahnya.
Start From Person akan memulai silsilah baru dari profil yang dipilih dan akan menghapus silsilah yang ada.
Start From Father akan memulai silsilah baru dari ayah profil yang dipilih dan akan menghapus silsilah yang ada. Jika ayah tidak dimasukkan ke dalam silsilah, maka program akan memberi informasi dengan menampilkan pesan "Father is unknown".
Start From Mother akan memulai silsilah baru dari ibu profil yang dipilih dan akan menghapus silsilah yang ada. Jika ibu tidak dimasukkan ke dalam silsilah, maka program akan memberi informasi dengan menampilkan pesan "Mother is unknown".
Start New Family Tree akan memulai silsilah baru dari profil yang diplih dan diletakkan di samping kanan silsilah yang telah dibuat.
Expand All akan menyambung semua silsilah dari setiap profil yang mempunyai tanda bulatan di bawahnya.
Detail nformation akan menampilkan informasi detil dari profil. Informasi tersebut akan sama dengan informasi yang ditampilkan pada jejaring sosial Planetbiru termasuk pengaturan keamanannya.
Planetbiru Profile akan menampilkan profil pada jejaring sosial Planetbiru.
Send Private Message akan menampilkan dialog untuk membuat pesan pribadi kepada profil. Pesan dapat dibaca dari jejaring sosial Planetbiru.
Export vCard akan mengekspor vCard dari profil yang dipilih jika profil tersebut membagikan informasi kontaknya kepada pengguna lain. Jika tidak, program akan menampilkan pesan: Sorry. This person is not share his contact information to anyone. Pengguna dapat memilih 1 dari 3 pilihan yaitu sebagai berikut:
Not Shared, yaitu tidak membagikan informasi kontaknya kepada siapapun.
Only to Related Member, yaitu hanya membagikan informasi kontaknya kepada pengguna lain yang mempunyai minimal 1 di antara 37 hubungan kekeluargaan yang ada.
Shared to Everyone, yaitu membagikan informasi kontak kepada siapapun termasuk kepada pengguna yang tidak terdaftar atau tidak sedang masuk. Menentukan Ayah dan Ibu Setiap pengguna yang terdaftar dapat menentukan ayah dan ibunya.
Apabila ayah dan ibunya belum terdaftar, maka ayah dan ibunya harus didaftarkan terlebih dahulu di Planetbiru.
Untuk menentukan ayah dan ibu, pilih menu Parent.
Cari profil ayah dan ibu dengan menggunakan peralatan yang disediakan.
Simpan informasi tersebut dengan memilih tombol Save Change.
Program akan mengirmkan konfirmasi ke akun ayah dan ibu untuk menyetujui hubungan kekerabatan tersebut.
Jika ayah maupun ibu tidak atau belum menyetujuinya, maka silsilah tidak dapat ditampilkan.
Setiap pengguna yang telah mempunyai ayah dan ibu dapat mengganti ayah dan ibunya*. *) Pergantian mungkin disebabkan karena ayah atau ibu mengganti akunnya atau karena lupa password, akun dibajak, atau akun diblokir. Define Parent Family Tree
Menentukan Istri atau Suami Setiap pengguna yang terdaftar dapat menentukan istri atau suaminya.
Apabila istri atau suaminya belum terdaftar, maka istri atau suaminya harus didaftarkan terlebih dahulu di Planetbiru.
Untuk menentukan istri atau suami, pilih menu Marriage.
Cari profil istri atau suami dengan menggunakan peralatan yang disediakan.
Tentukan tanggal pernikahan dan tanggal perceraian jika sudah bercerai.
Apabila pengguna menikah dengan pasangan pada profil tersebut lebih dari satu kali, maka pengguna harus memasukkan data sebanyak pernikahan.
Simpan informasi tersebut dengan memilih tombol Save.
Program akan mengirmkan konfirmasi ke akun istri atau suami pengguna untuk menyetujui hubungan kekerabatan tersebut.
Jika istri maupun suami pengguna tidak atau belum menyetujuinya, maka silsilah tidak dapat ditampilkan.
Pengguna tidak dapat memasukkan profil lain sebagai istri atau suami pengguna jika profil tersebut masuk sebagai salah satu dari anak pengguna maupun saudara pengguna. Define Parent Family Tree Define Parent Family Tree
Menentukan Anak Seorang pengguna dapat memasukkan profil lain sebagai anaknya.
Apabila anaknya belum terdaftar, maka anak tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu di Planetbiru.
Untuk menentukan anak, pilih menu Children.
Cari profil anak dengan menggunakan peralatan yang disediakan.
Simpan informasi tersebut dengan memilih tombol Save.
Program akan mengirmkan konfirmasi ke akun anak untuk menyetujui hubungan kekerabatan tersebut.
Jika anak tersebut tidak atau belum menyetujuinya, maka silsilah tidak dapat ditampilkan.
Pengguna tidak dapat memasukkan profil lain sebagai Anak pengguna jika:
Profil tersebut masuk sebagai salah satu dari istri pengguna atau suami pengguna
Profil tersebut adalah ayah pengguna
Profil tersebut adalah ibu pengguna. Add Children Family Tree
Menyetujui Hubungan Kekerabatan Program akan mengirimkan konfirmasi persetujuan hubungan kekerabatan kepada akun yang dituju. Jika seseorang mengirimkan permintaan hubungan kekerabatan kepada pengguna, pengguna dapat menyetujui, menolak atau mengabaikan permintaan tersebut. Jika pengguna menolak, maka program akan menghapus permintaan tersebut secara permanen. Pengirim yang pengguna tolak dapat mengirimkan permintaan lagi atas hubungan kekerabatan yang sama. Pengguna dapat mengirim permintaan hubungan kekerabatan kepada pengirim yang telah pengguna tolak permntaannya.
Memutuskan Hubungan Kekerabatan Untuk memutuskan hubungan kekerabatan, ada beberapa cara sesuai dengan hubungan kekerabatan yang akan diputuskan.
Memutuskan Hubungan Anak dengan Orang Tua Baik anak maupun orang tua, dapat memutuskan hubungan kekerabatan secara sepihak. Jika anak ingin memutuskan hubungan kekerabatan dengan orang tua, pilih menu Parent. Hapus Father atau Mother dari halaman tersebut. Program akan meminta konfirmasi tentang penghapusan tersebut kepada anak yang akan memutuskan hubungan tersebut. Jika anak tersebut menyetujuinya, maka program akan menghapusnya. Pilih tombol Save untuk menyimpan perubahan. Jika orang tua ingin memutuskan hungungan kekerabatan dengan anak, pilih menu Children. Program akan menampilkan daftar anak dalam bentuk tabel. Program juga akan menampilkan informasi nama ayah, nama ibu, tanggal lahir anak, dan tanggal wafat anak jika anak tersebut telah meninggal dunia. Pilih salah satu anak yang akan diputuskan hubungan kekerabatannya. Pilih tombol Hapus untuk menghapusnya. Program akan meminta konfirmasi kepada orang tua untuk mengapusnya. Jika orang tua tersebut menyetujuinya, maka anak tersebut akan dihapus dari daftar anakanya. Profil anak tersebut akan kehilangan ayah atau ibunya.
Memutuskan Hubungan Pernikahan Memutuskan hubungan pernikahan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu sebagai berikut: Mengubah statusnya menjadi "bercerai" dengan cara memasukkan tanggal perceraian.
Dengan cara ini, profil tersebut akan tetap masuk ke dalam silsilah keluarga pengguna. Program akan tetap menampilkan informasi pernikahan pengguna dengannya.
Menghapus data pernikahan.
Dengan cara ini, profil tersebut tidak akan masuk ke dalam silsilah keluarga pengguna kecuali jika pengguna dengan profil tersebut mempunyai anak yang dhubungkan dengan akun pengguna dan akunnya. Jika hal tersebut pengguna lakukan, anak tersebut akan tampil seperti anak di luar nikah. Jika pengguna hanya ingn menghapusnya sementara waktu, pengguna dapat mengubah status Active menjadi Inactive pada data pernikahan tersebut. Mengatur Tanggal Kematian Anggota keluarga yang sudah meninggal tentu saja tidak dapat menentukan mengatur tanggal kematiannya. Pengaturan tanggal kematian dapat dilakukan oleh Administrator Planetbiru. Keluarga dapat mengirimkan permintaan resmi melalui layanan yang disediakan. Planetbiru menyediakan layanan ini secara gratis. Berikut ini merupakan prosedur pengajuan pengaturan tanggal kematian anggota keluarga. Meminta surat keterangan kematian dari lurah setempat.
Memindai (scan) surat keterangan kematian tersebut.
Mengirimkan pengajuan pengaturan tanggal kematian kepada Planetbiru dengan melampirkan hasil pindai (scan) surat keterangan kematian tersebut dalam bentuk soft copy. Merahasiakan Silsilah Keluarga Seorang pengguna dapat merahasiakan silsilah keluarganya dan menolak orang lain untuk melihat siapa saja istrinya, suaminya, anaknya, serta mengetahui ayah dan ibunya melalui profil pengguna tersebut. Meskipun demikian, akibat kompleksnya hubungan kekerabatan, program tidak menjamin silsilah kerahasiaan tersebut karena dapat dilihat melalui kerabat lain yang tidak melindungi silsilah keluarganya. Program dapat mencegah pengguna lain melihat: Istrinya (jika laki-laki)
Suaminya (jika perempuan)
Anaknya
Ayahnya
Ibunya Dengan pengaturan sebagai berikut: Hanya bisa dilihat oleh pengguna yang bersangkutan
Hanya bisa dilihat oleh ayah, ibu, saudara seayah atau seibu, istri, suami, dan anak Pengaturan pada nomor 2 tidak mengijinkan kakek, nenek, keponakan, dan cucu untuk untuk melihat profilnya. Meskipun demikian, jika ayah atau ibu tidak merahasiakan silsilah keluarganya, orang lain mungkin dapat melihat saudara dari pengguna yang merahasiakan silsilah keluarganya di atas.
Mencetak Silsilah Keluarga Program juga mengijinkan keluarga untuk mencetak silsilah keluarga. Untuk mencetak silsilah keluarga, pilih dari mana silsilah dimulai. Buka setiap profil yang diberi tanda bulatan untuk menyambung silsilah dari profil tersebut. Cara cepat adalah dengan memilih menu Family Tree » Expand All. Setelah silsilah dibentuk sesuai dengan keinginan, pilih menu Print pada browser pengguna. Pilih ukuran kertas yang sesuai.
Menelusuri Hubungan Keluarga Program memungkinkan pengguna untuk menelusuri hubungan keluarga. Penelusuran tersebut didasarkan atas hubungan keturunan dan hubungan pernikahan. Ada 42 hubungan keluarga yang dapat dibentuk oleh program yang terdiri dari 11 generasi, 5 generasi ke atas dan 5 generasi ke bawah. Hubungan tersebut adalah sebagai berikut: Great Great Grand Father
Great Great Grand Mother
Great Grand Father (Kakek Buyut)
Great Grand Mother (Nenek Buyut)
Grand Father (Kakek)
Grand Mother (Nenek)
Father (Ayah)
Mother (Ibu)
Step Fathter (Ayah Tiri)
Step Mother (Ibu Tiri)
Father in Law (Ayah Mertua)
Mother in Law (Ibu Mertua)
Uncle (Paman)
Aunt (Bibi)
Husband (Suami)
Wife (Istri)
Brother (Saudara Laki-Laki)
Sister (Saudara Perempuan)
Step Brother (Saudara Tiri Laki-Laki)
Step Sister (Saudara Tiri Perempuan)
Sibling (Saudara)
Brother in Law (Saudara Ipar Laki-Laki)
Sister in Law (Saudara Ipar Perempuan)
Cousin (Sepupu)
Son (Anak Laki-Laki)
Daughter (Anak Perempuan)
Children (Anak)
Step Son (Anak Tiri Laki-Laki)
Step Daughter (Anak Tiri Perempuan)
Son in Law (Menantu Laki-Laki)
Daughter in Law (Menantu Perempuan)
Nephew (Keponakan Laki-Laki)
Niece (Keponakan Perempuan)
Grand Son (Cucu Laki-Laki)
Grand Daughter (Cucu Perempuan)
Grand Children (Cucu)
Great Grand Son (Buyut Laki-Laki)
Great Grand Daughter (Buyut Perempuan)
Great Grand Children (Buyut)
Great Great Grand Son
Great Great Grand Daughter
Great Great Grand Children Alasan dari pembatasan tingkatan tersebut adalah karena pada umumnya sangat sulit ditemukan keluarga yang lebih dari 5 keturunan yang hidup dalam waktu yang bersamaan. Meskipun demikian, program tetap dapat membangun silsilah hingga puluhan keturunan ke bawah selama browser masih mapu untuk menampilkan struktur tabel yang kompleks. Untuk menelusuri hubungan tersebut, pengguna dapat memilih menu Family » My Family Member. Program akan menampilkan check box dari ke 42 hubungan tersebut. Masing-masing check box dapat dicentang oleh pengguna. Pengguna juga dapat mencentang semuanya sekaligus dan juga dapat menghilangkan centangnya sekaligus. Program akan menampilkan anggota keluarga dari masing-masing hubungan tersebut. Pengguna dapat membuka profil Planetbiru dari masing-masing anggota yang ditampilkan, mengirim pesan pribadi, maupun melihat silsilah keluarga yang dimulai dari anggota tersebut. Pengguna juga dapat menelusuri silsilah baik ke atas maupun ke bawah dari anggota tersebut. Apabila tidak ada anggota dengan hubungan tersebut, program akan menampilkan pesan "No Profile Found".
Menampilkan Lokasi Anggota Keluarga Pengguna dapat melihat lokasi anggota keluarga jika anggota tersebut menentukan lokasinya dan mengijinkan kerabatnya melihat lokasinya. Lokasi tersebut ditampilkan pada sebuah peta yang dilengkapi dengan gambar profil anggota.
Mengekspor Kontak Anggota Keluarga Pengguna dapat mengekspor kontak dari semua anggota yang memiliki salah satu dari 37 hubungan di atas. Format dari kontak adalah VCARD yang kompatibel dengan beberapa aplikasi termasuk smartphone. Kontak dilengkapi dengan gambar profil. Untuk mengekspor kontak, pilih menu Family » My Family Contact.
Pilih hubungan keluarga yang ada di sebelah kiri halaman. Program akan menampilkan kontak sesuai dengan hubungan yang Anda pilih.
Di sebelah kiri ada ikon Kontak. Pilih ikon tersebut untuk mengekspor kontak satu persatu. Kontak akan diekspor sebagai sebuah file dengan ekstensi vcf. File ini dapat dikirim melalui email dan dapat pula dikirim ke telepon seluler menggunakan bluetooth.
Untuk mengekspor semua kontak yang dipilih sekaligus, pilih tombol Export Selected Contact di bawah daftar kontak tersebut. Kontak akan dipaketkan ke dalam sebuah file ZIP dengan ekstensi zip. File ini dapat diekstrak ke dalam sebuah direktori.
Untuk mengirim semua kontak yang dipilih ke email, pilih tombol Send to Email di bawah daftar kontak tersebut. Kontak akan dikirim ke email sebagai lampiran atau attachment. Masing-masing file lampiran diberi nama sesuai dengan nama anggota yang dipilih dengan ekstensi vcf dan mempunyai MIME text/x-vcard. Membuat Acara Keluarga Pengguna dapat membuat jadwal acara keluarga. Informasi dari acara ini antara lain sebagai berikut: Nama acara
Deskripsi acara
Waktu acara dimulai
Tanggal dan jam acara dimulai
Waktu acara selesai
Tanggal dan jam acara selesai
Lokasi acara
Nama tempat, alamat, gedung, dan lain-lain
Lintang
Koordinat geografi acara
Bujur
Koordinat geografi acara
Pakaian untuk acara
Rekan
Informasi ini mengandung arti apakah anggota yang diundang boleh membawa rekan atau tidak. Jika boleh, berapa jumlah maksimumnya (pilihan 0-5)
Anak kecil
Informasi ini mengandung arti apakah anggota yang diundang boleh membawa anak kecil atau tidak. Jika boleh, berapa jumlah maksimumnya (pilihan 0-5) Mengundang Anggota Keluarga Setelah acara ditentukan, pengguna dapat mengirimkan undangan kepada anggota keluarga yang ada di dalam silsilah. Pengguna dapat memilih anggota keluarga yang akan diundang berdasarkan hubungan keluarga. Pengguna juga dapat memilih orang perorang yang akan diundang dari setiap hubungan yang ada. Untuk mengundang anggota keluarga ke sebuah acara adalah sebagai berikut: Pilih menu Event » Family Event.
Pilih ikon Invitation di sebelah kiri acara. Program akan menampilkan dialog yang dibagi menjadi 2 bagian, bagian sebelah kiri berisi daftar hubungan sedangkan bagian kanan berisi daftar anggota.
Centang hubungan keluarga di sebelah kiri dialog. Program akan menampilkan anggota keluarga dari hubungan yang dipilih di sebelah kanan dialog.
Pilih siapa saja yang akan diundang.
Pilih tombol Invite untuk mengundang. Mengirim Pesan Pribadi Pengguna dapat mengirim pesan pribadi kepada anggota keluarga. Pesan ini dapat dibaca ketika penerima masuk ke Planetbiru. Pemberitahuan pesan pribadi sama seperti biasa.
Mengirim Pesan Massal Pengguna dapat mengirimkan pesan massal kepada beberapa orang sekaligus. Pengguna cukup menulis pesan tersebut sekali dan dapat dikirim ke beberapa orang yang dipilih sekaligus. Contoh dari pesan massal ini adalah ucapan hari besar agama, ucapan hari besar nasional, pemberitahuan yang bersifat umum, dan sebagainya.